Sukses Berbisnis UMKM dengan Platform Digital

06 July 2022

Bagaimana membawa UMKM Indonesia menang di negara sendiri? Bagaimana produk-produk lokal bisa menang di negara sendiri? Caranya, UMKM kekinian harus melek teknologi!

Menurut data, pertumbuhan UMKM di Indonesia sangat besar dengan jumlah mencapai 65 juta per tahun 2021. Bisa dibilang, semangat para pengusaha UMKM sangat luar biasa, tinggal bagaimana didukung supaya lebih luar biasa lagi. Sangat disayangkan bahwa baru 17,1% UMKM yang sudah menggunakan teknologi digital dalam penjualan dan pemasaran, padahal sangat banyak tools dan platform yang ada di luar sana.

Rata-rata penduduk Indonesia pasti mempunyai device dengan waktu internet-an per harinya diperkirakan sekitar 9 jam, setara jam kerja. Ditambah lagi fakta bahwa jumlah orang yang berbelanja online jauh lebih banyak dari yang berbelanja offline. Dengan begitu, sangat disayangkan jika device di tangan tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Sebenarnya, peranan teknologi yang paling umum adalah pertama, menghemat biaya pemasaran. Bisnis dapat dioptimalkan melalui pemasaran di sosial media untuk memperluas jaringan sehingga lebih banyak orang mengenal produk tersebut, atau bahkan hanya melalui pembukaan akun. Yang kedua, jangkauan jadi lebih luas. Biasanya para pengusaha cuma berjualan di lingkungan sekitar, sekarang bisa menjangkau pasar nasional. Dan yang tak kalah penting dimana teknologi membantu para pengusaha mengelola bisnisnya dengan jauh lebih efektif dan efisien. Pengaruh teknologi (platform) digital sangat besar bukan untuk kesukesan UMKM?

Kira-kira apa lagi peranan teknologi bagi UMKM, serta bagaimana aplikasi CARInih dengan fitur POS dan manajemen toko online membantu para pengusaha memulai digitalisasi? Saksikan video selengkapnya disini.
https://youtu.be/QYjdhmbSyWs

#Blog&Artikel