Bangun Ekosistem, Perkuat Sinergi untuk Majukan UMKM Indonesia

05 July 2022

CARInih dibangun atas spirit #Nyatakansalingbantu karena 'bangun' sendiri itu tidak mudah, sehingga bagi CARInih, bangun berkolaborasi, bangun bersinergi sangatlah penting untuk memajukan UMKM Indonesia. Harapan CARInih yaitu menjadi suatu wadah terciptanya ekosistem-ekosistem kanal yang berlandaskan kolaborasi, baik online maupun offline, karena tidak bisa dipungkiri bahwa usaha offline masih terbuka luas, sedangkan usaha online mempunyai growth yang sangat tinggi. Sehingga, CARInih menempatkan diri untuk membantu para pelaku usaha menjalankan usaha online dan offline melalui wadah ekosistem tersebut. Dengan kata lain, CARInih selalu ada di samping mitra untuk bersinergi, maju bersama.

Mengapa CARInih hadir dengan spirit #Nyatakansalingbantu? Bagi CARInih, saling bantu bukanlah hanya 'simpati' untuk diucapkan, melainkan dinyatakan dalam perbuatan. Setelah mempelajari berbagai case study di lapangan, ternyata ada beberapa fokus fundamental yang perlu diperhatikan untuk memperluas penetrasi. 

Penetrasi teknologi digital pada UMKM Indonesia hanya sekitar 17%, sehingga CARInih merasa perlu berkontribusi. Salah satu kendala bagi UMKM adalah pengelolaan usaha online dan offline mereka. Walaupun sebagian besar pelaku usaha menjalankan bisnisnya secara offline, banyak di antara mereka pun mengalami kendala karena pengelolaan toko offline-nya masih manual. Namun, ketika mereka ingin memulai digitalisasi bisnis, mereka tidak berada di level edukasi yang sama.

Permasalahan lainnya adalah di luar sana, terlalu banyak aplikasi yang diunduh untuk fitur yang berbeda. Ketika mereka ingin melakukan pencatatan, aplikasi POS di luar sana banyak tapi yang mana yang paling tepat untuk 'saya' yang baru belajar? Setelah pencatatan, bagaimana cara menerima pembayaran secara cashless? Terpaksa menggunakan aplikasi yang berbeda lagi. Hal ini membingungkan, "Aku harus mulai darimana?" Tidak hanya 2 masalah ini, masih ada 3 masalah urgent lain yang ingin dituntaskan CARInih melalui sinergi dengan pihak-pihak lain.

Penasaran dengan kelanjutannya? Tonton disini.
https://youtu.be/EMA0kVvNfoo

Speaker : 
Tan Leny Yonathan
Founder & CEO PT Dasa Karya Indonesia (CARInih)

Host : 
Biyp Mukhsen Assegaf, 
Founder of Indonesia Direct

Moderator:
Rudy Yanuar, S.Sn., MBA
Founding Partner of Indonesia 

Powered by:
Insider
TVDesa
Indonesia Direct
Rudy Yanuar

#Blog&Artikel