Tetap Produktif di Akhir Pekan Bukan Sekadar Wacana, Begini Caranya!

24 March 2021

Kita sering sibuk selama hari kerja, sehingga membuat kita hanya fokus mengerjakan segala sesuatu dari hari senin sampai jumat, sedangkan di akhir pekan kita terus berbaring di tempat tidur, membuang-buang waktu kita dengan scrolling HP untuk melihat hal-hal yang tidak berguna sampai akhirnya weekend berakhir dan kita menyesalinya. Padahal, ada banyak aktivitas seru yang bisa kita lakukan di hari Sabtu dan Minggu.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Bangun seperti biasa

Beberapa orang menikmati akhir pekan mereka dengan bangun larut malam, sedangkan bangun seperti biasa memberi kita lebih banyak waktu luang. Jadi setelah alarm berbunyi, kita bisa memilih beberapa aktivitas yang tidak membutuhkan banyak tenaga, seperti menyeduh kopi / teh atau berlatih yoga yang sederhana. Kita bahkan juga bisa membaca buku favorit kita di halaman sambil menghirup udara segar.

2. Lakukan olahraga

Tidak semua orang bisa berolahraga di pagi hari. Misalnya full timer yang harus berangkat lebih awal agar tidak telat berangkat ke kantor. Oleh karena itu, menghabiskan 1-2 jam di hari Sabtu merupakan ide yang baik untuk menjaga kesehatan dan menjaga kebugaran tubuh. Kita juga bisa mengeksplorasi jenis olahraga yang kita sukai, seperti berenang, bermain voli, atau jogging.

3. Buat daftar to do list saat weekend

Rekomendasi lain untuk memiliki akhir pekan yang produktif adalah dengan membuat daftar apa yang akan kita lakukan. To do list bisa dimulai dengan kegiatan sederhana seperti merapikan ruangan agar lebih tertata dengan baik. Dengan memiliki daftar tugas, kita melatih diri kita untuk memenuhi apa yang telah kita janjikan sebelumnya.

4. Miliki me time

Yang ini wajib dilakukan selama akhir pekan. Tidak peduli berapa lama dan aktivitas apa yang ingin kita lakukan, kita membutuhkan waktu untuk melepaskan diri dari rutinitas kita. Beberapa me time yang berkualitas yang dapat kita coba adalah menghabiskan waktu di kedai kopi, pergi ke perpustakaan, atau berjalan-jalan di taman.

Kita memang perlu recharge energi yang kita gunakan dari Senin hingga Jumat. Namun, ini tidak berarti bahwa kita harus bermalas-malasan sepanjang hari. Sebaliknya, cobalah untuk mencari tahu apa yang kita kuasai dan apa yang kita minati. Hal ini akan membuat hidup kita menjadi lebih bermakna.

#Blog&Artikel