Ketika Harus Membawa Anak Keluar Saat Pandemi

26 August 2020

Setelah sekitar 5 bulan berlalu sejak pandemic Covid-19 mulai merasuki kehidupan normal kita, baru saja aku dikagetkan dengan sepotong chat di Whatsapp dari putri kecilku yang berusia hampir 7 tahun. Kebetulan saat itu aku sedang berada di luar rumah untuk belanja keperluan sehari-hari. Memang selama itu pula, aku tidak pernah mengajaknya keluar rumah.

“Aku tuh cape begini terus, Ma.. Aku ingin kayak dulu bisa keluar pas libur, gak seperti sekarang. Aku kangen semua mall yang biasa kita datangi. Kangeeen banget.”

Tersentak aku dibuatnya, aku pikir selama ini dia menerima keadaan, karena hampir tidak ada keluh kesah yang diutarakan kepadaku atau suami. Aku pikir selama ini, dengan sesekali aku berikan mainan untuk dia bisa betah #dirumahaja sudah cukup. Ternyata tidak. Bagaimana ini?? – ditambah chat lanjutan yang semakin mengutarakan kesedihannya bahkan sempat bertanya, “kapan masalah (virus) ini akan berakhir, Ma?”

Dengan berbagai jawaban, aku berusaha membuatnya mengerti dan tenang, namun tidak begitu saja dia menerima. Aku jadi kuatir, kondisi ini malah membuatnya ‘stres’ berkepanjangan. Akhirnya aku putuskan untuk memberanikan diri membawanya keluar rumah sesekali saja. “Next week, mama ajak kamu ke toko buah biasa yang dekat rumah ya”. Dan, sedikit senyuman manisnya mulai terlihat di wajahnya.

Sejak keputusan itu kubuat, duh, kok jadi aku yang panik ya? Harus siapin or bawa apa aja nih?

Nih, CARInih bantu kasih Tips “Persiapan saat terpaksa harus bawa anak keluar rumah” buat Sahabat CARInih terutama para mommy :

  1. Pastikan kondisi anak sedang dalam kondisi sehat.

  2. Hindari tempat yang terlalu ramai.

  3. Pastikan perlengkapan #newnormal dibawa dan dipakai (masker, hand sanitizer dll)

  4. Bawa cadangan masker.

  5. Bawa wadah kosong untuk menaruh berbagai barang kotor/selesai dipakai.

  6. Bawa perlengkapan makan/minum sendiri bila terpaksa harus makan di luar rumah.

  7. Beri penjelasan dan pengertian ke anak, aturan main baru (ala #newnormal) yang harus dilakukan ketika di luar rumah.

Ada juga yang gak kalah penting nih, untuk terus menjaga daya tahan tubuh, berikan asupan vitamin seperlunya sesuai kebutuhan ya.

Nah, jangan kuatir lagi ya kalau kamu harus bawa anak keluar rumah. Kuatir boleh, asal jangan berlebihan. Ikuti protokol kesehatan, makan makanan bergizi, dan persiapkan semuanya dengan baik. Yakin deh, anak juga lebih happy!

Buat Sahabat CARInih yang sedang cari vitamin untuk anak, yuk lihat di IG CARInih www.instagram.com/carinih

#Blog&Artikel