Tips Merawat Lansia di Rumah

07 September 2020

Halo Sahabat CARInih!

Selama pandemi dan masa normal baru Sahabat CARInih sudah melakukan aktivitas apa saja nih dengan orang tua kita? Di masa pandemi dan normal baru ini, mungkin kita tidak ada kesempatan untuk mengunjungi orang tua kita yang tinggal jauh dari kita. Rindu, cemas, dan khawatir pasti muncul di benak kita mengingat orang tua kita tetap membutuhkan perhatian dan penjagaan ekstra dari kita. Bagi kita yang tinggal bersama orang tua, merawat mereka menjadi salah satu hal yang menantang. Karena secara fisik, lansia sudah mengalami penurunan fungsi fisik dan membutuhkan pertolongan orang lain. Menjaga lansia tentu saja mudah dilakukan, namun, kadang kala mereka jenuh dirumah dan ingin keluar, padahal pemerintah menganjurkan agar lansia tetap dirumah.

Nah, CARInih mau berbagi tips dalam merawat lansia di rumah. Tentu saja dengan memberi perhatian dan pengertian kepada orang tua kita, mereka akan tetap merasa nyaman walau harus beraktivitas #DiRumahAja

Berikut 4 tips merawat lansia dirumah:

Perhatikan makanan yang dikonsumsi.

Lansia beresiko mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi. Penyebabnya, bisa karena adanya penyakit atau tidak nafsu makan. Penuhi asupan nutrisi dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur, vitamin, dan kalsium. Hindari makanan manis, gurih, atau gorengan. Lebih baik makanan yang dikukus, direbus atau dipanggang. Apabila lansia tidak nafsu makan, Sahabat bisa mengkreasikan menu makan favorit mereka dengan resep dari buku menu atau internet.

Ajak lakukan aktivitas fisik

Ajak lansia untuk melakukan aktivitas fisik yang cukup. Melakukan kegiatan seperti berkebun atau berolahraga ringan akan melatih fisik lansia tetap bugar.

Perhatikan emosional lansia

Untuk Sahabat CARInih yang tinggal jauh dari orang tua, Sahabat bisa rutin memberi kabar via telepon atau video call kepada orang tua karena lansia membutuhkan lebih banyak perhatian daripada orang dewasa. Untuk Sahabat CARInih yang tinggal serumah dengan orang tua bisa meluangkan waktu untuk menemani mereka beraktivitas, menjaga mood mereka selalu bahagia, dan mengontrol aktivitas harian mereka agar tidak mudah lelah.

Miliki caregiver

Salah satu yang cukup penting dalam merawat lansia adalah memiliki caregiver atau perawat. Untuk Sahabat CARInih yang tidak dapat menjaga orang tua 24 jam, caregiver menjadi salah satu opsi yang bisa dipilih. Caregiver untuk lansia haruslah orang yang berpengalaman, sabar, penuh pengertian, dan penuh perhatian terhadap orang tua.

#Blog&Artikel