Pentingnya Konten Marketing Zaman Now

04 June 2023

Konten marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital melalui pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan dan bermanfaat guna menarik perhatian target konsumen sekaligus membuatnya terlibat dan menjadi pelanggan suatu bisnis.

Konten marketing harus memenuhi tiga syarat utama yaitu penting, relevan, dan konsisten. Biasanya dalam bentuk video, blog/vlog, podcast, email dll.

Mengapa konten marketing penting dan berguna untuk meningkatkan bisnis?

1. Cost effective

Seperti yang kita tahu, biaya marketing seperti iklan di Televisi mahal. Nah, untuk menghemat biaya dan lebih efektif, kalian bisa menggunakan konten marketing.

2. Menyuarakan brand kita/Brand Voice

Kisahkan tentang brand kita, ceritakan apa pembedanya dengan yang lain.

3. SEO (Search Engine Optimization)

Konten marketing juga bermanfaat untuk parameter optimasi SEO (Search Engine Optimization). Ketika SEO teroptimasi, kamu dapat meningkatkan traffic secara signifikan.

4. Engagement

Disini kita bisa ngobrol dengan konsumen. Ketika kamu post konten di sosial media, mereka juga pastinya akan memberikan pendapat tentang produk kamu. Ketika pendapatnya berbeda dengan pendapat kita, hal itu bisa menjadi masukan.

5. Trust (Bangun kepercayaan atas brand kita)

Dengan konten marketing kita bisa menjelaskan kita siapa, value-nya apa, kisah dibalik bisnis atau produk kita, dll. Sehingga hal tersebut bisa membangun kepercayaan konsumen terhadap produk kita.

6. Idea (Memunculkan banyak ide)

Konten marketing yang baik adalah yang relevan dengan konsumen. Kita harus memikirkan konsumen dulu baru promosi produk kalian. Berikan informasi dulu kepada orang-orang yang kita sasar, misalnya cara yang tepat untuk mengisi waktu luang kamu dengan hidup sehat dimulai dari olahraga dan minum minuman sehat yang bermanfaat untuk tubuh seperti jamu (produkmu).

Selain membuat konten marketing, yang perlu dipikirkan adalah bagaimana konten kamu bisa stand out atau berbeda dibandingkan yang lain. 

Beberapa hal yang harus dilakukan :

1. Quantity : harus banyak, sama halnya kalau kita ke supermarket, kalau di supermarket hanya jual 1 produk saja, kita bakal bosan dan tidak tertarik. Begitu juga dengan konten, kalian harus buat konten yang banyak dan bervariasi yang tentunya disesuaikan dengan target market. Misal, ketika kamu jualan makanan ringan, dan target market kalian ada kalangan anak anak hingga dewasa. Maka buatlah konten yang sesuai dengan perilaku mereka.

2. Straight to the point : Kalau buat konten langsung ngomong ke inti masalahnya, jangan muter2 atau bicarakan hal-hal yang tidak berhubungan dengan topik.

3. Ada juga ilmu psikologi yang mengatakan bahwa seseorang akan mengenali brand kamu ketika mereka melihat brand kamu sebanyak 8 kali. Oleh sebab itu, dibutuhkan konten yang banyak kuantitasnya.

Yuk kita mulai buat konten marketing untuk promosikan produk kita, mulai dari yang sederhana. Banyak contoh konten marketing yang baik untuk dijadikan referensi lho, kuncinya kemauan, melakukan, analisa, dan konsisten.

#Blog&Artikel