Pakai Platform Jualan Online, Bisa Meningkatkan Hubungan Dengan Pelanggan?

10 May 2023

Pelaku bisnis berskala mikro, kecil atau menengah kerap menghadapi tantangan ketika berinteraksi dengan pelanggan. Hal ini dikarenakan keterbatasan sumber daya yang digunakan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Akan tetapi, melalui kehadiran platform online untuk berjualan, pelaku usaha bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia dan membuat pelanggannya semakin puas berbelanja. Berikut beberapa pengaruh yang diberikan platform online untuk reputasi bisnis di mata pelanggan.

1. Satu platform untuk bermacam-macam kebutuhan promosi

Platform online memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk terhubung dengan calon pelanggan secara praktis. Terdapat bermacam-macam fitur yang bisa diandalkan, mulai dari mobile push notification untuk aplikasi, voucher diskon, serta promosi berupa cashback. Melalui sistem ini, pelaku usaha bisa membangun hubungan dengan pelanggan secara lebih mudah.

2. Menemukan pelanggan potensial

Orang-orang yang menggunakan platform online untuk berbelanja akan terlebih dahulu melakukan pencarian, yakni melalui kata kunci. Kemudian, mereka akan melihat produk kamu berdasarkan rekomendasi yang muncul berdasarkan kata kunci tersebut. Cara ini membantu pelaku UMKM untuk mendapatkan pelanggan potensial. Terlebih, mereka juga bisa bertanya-tanya ke pihak toko sebelum melakukan pembelian.

3. Kemudahan pada sistem pengiriman

Platform online yang digunakan pelaku UMKM untuk berjualan telah dilengkapi oleh fitur pilihan pengiriman. Jadi, pembeli bisa terlebih dahulu memilih layanan pengiriman apa yang hendak mereka gunakan, seperti next day, instant, atau sameday. Lalu, pelaku UMKM bisa langsung mengatur pengiriman ke kurir. Setiap tahap pada proses pengiriman dapat dipantau dari platform tersebut.

4. Beradaptasi dengan perubahan

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, platform online menjadi salah satu wadah yang membantu pelaku UMKM untuk beradaptasi. Jika sebelumnya mereka hanya berjualan secara offline, kini mereka bisa melakukan digitalisasi pada bisnisnya melalui toko online. Selain itu, mereka pun bisa menerima pembayaran nontunai, misalnya melalui Virtual Account ataupun QRIS.

5. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Salah satu faktor yang dapat membuat sebuah UMKM berkembang ialah pelanggan yang loyal. Bekerja sama dengan partner terkait untuk menghadirkan program menarik, seperti "join promo atau join even" dalam menghadirkan program yang efektif namun efisien dapat menjadi salah satu cara yang menarik.

Mau coba mulai berbisnis online, kamu bisa optimalkan fitur toko online di Aplikasi CARInih.

Yuk cari tahu lebih lanjut fitur-fitur CARInih untuk optimalkan kelola usahamu.

CARInih, Solusi Digital Untuk Pelaku Usaha#ApaAjaJadiSatu  

#Blog&Artikel