Tips Cara Merespon Konsumen Yang 'Pikir-Pikir Dulu'

07 May 2023

Sebagai pebisnis pasti sering mendapatkan komsumen yang merasa keberatan dengan produk yang kamu tawarkan karena tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

Konsumen bisa mengatakan “ah, produknya mahal”, “nanti deh, pikir pikir dulu ya” atau “saya coba tanya tanya dulu ke yang lain ya” dan berbagai alasan lain yang dilontarkan. 

Gimana sih cara menyikapinya?

Ketika pertama kali bertemu dengan calon konsumen, kamu harus mampu memberikan kesan pertama yang baik. Kamu harus memiliki kepercayaan diri, karena hal itu yang akan mempengaruhi keputusan untuk membeli dari konsumen. Jika konsumen mengatakan, ah produknya mahal, saya pikir pikir dulu deh dan sebagainya, tunjukkan reaksi yang santai ya..

Berikut ini cara yang bisa kalian gunakan untuk memudahkan konsumen memutuskan untuk membeli.

1. Senyum

Kamu harus menunjukkan rasa percaya diri dengan memberikan senyuman kepada konsumen.

2. Setuju

Kamu tunjukkan sikap setuju kepada keputusan konsumen tersebut.

Misalnya, setuju sih Pak/Bu, mungkin dari sudut pandang Bapak/Ibu itu mahal, namun Bapak/Ibu bisa pikirkan dulu dari berbagai manfaatnya, dan lain sebagainya.

3. Seandainya

Kamu bisa memberikan pengandaian kepada konsumen, "Seandainya memang harga kami lebih murah, bagaimana Pak? Bapak bersedia membeli?.

4. Solusi/logika

Kamu harus dapat memberikan solusi. Solusi disini lebih baik menggunakan solusi yang emosional dibandingkan dengan logika. Karena ketika konsumen membeli sesuatu, tidak 100% mereka hanya berpikir tentang logika seperti

harga atau spesifikasinya, tetapi ada emosionalnya. Emosional disini adalah kamu mampu menjelaskan nilai tambah dari produk kamu kepada konsumen.

5. Cek temperatur

Kamu perlu cek seberapa mau konsumen membeli produk anda. Contoh : "Sejauh ini, dari produk yang saya jelaskan kepada Bapak, apakah produk ini benar-benar produk yang Bapak inginkan?" Jika konsumen mengatakan iya, maka kamu dapat melanjutkan ke tahap closing. Sebaliknya, jika konsumen mengatakan “tidak”, ajukan pertanyaan lagi, atau tawarkan produk lainnya yang sejenis.

6. Closing

Jika konsumen sudah setuju, kamu bisa bertanya pembayaran menggunakan apa lalu kamu langsung ucapkan kata “selamat” ya Pak karena Bapak sudah mendapatkan produknya, untuk mengesankan produk kamu memang sangat baik dan layak dimiliki.

Nah, 6 cara tersebut sering disingkat 4S + 2C. Cara ini bisa kamu coba lakukan ya! Semoga bermanfaat! :)

#Blog&Artikel