6 Jenis Kebiasaan Makan, Kamu Termasuk yang Mana?

05 October 2021

Masing-masing dari kita memiliki kebiasaan makan yang unik. Bisa jadi bagaimana kita menghidangkan makanan kita atau kebiasaan kita menangkap makanan kita dan membagikannya di media sosial sebelum kita menikmatinya. Berdasarkan kebiasaan kita, ada 6 jenis kebiasaan makan yang bisa kita temukan di dunia ini. Mari kita lihat seperti apa mereka dan cari tahu kamu termasuk yang mana!

1. Emotional Eater

Biasanya, emotional eater makan saat mereka merasa senang, sedih, atau stres. Jadi mereka mengekspresikan emosi mereka dengan makan makanan karena tidak ada lagi yang akan mereka lakukan. Jika Kamu merasa termasuk dalam kategori ini, maka Kamu dapat mencari solusi lain untuk mengatasi kondisi emosional Kamu.

2. Unconscious Eater

Pernahkah Kamu merasa tidak bisa berhenti makan, terutama camilan manis yang Kamu dapatkan dari suatu kesempatan? Jika jawabannya ya, maka Kamu mungkin adalah unconscious yang suka ‘kalap’ saat makan. Tipe ini akan memakan makanan apa saja yang mereka lihat. Untuk mengendalikan kebiasaan ini, Kamu perlu mulai menghindari makanan-makanan yang gratis.

3. Habitual Eater

Habitual eater mengonsumsi makanan yang sama setiap hari dan berolahraga berdasarkan rutinitas yang sama. Namun, seseorang yang termasuk dalam kategori ini bisa kelelahan dan membuat mereka makan berlebihan. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk mengikuti jadwal Kamu.

4. Critical Eater

Para critical eater sangat peduli dengan jenis makanannya dan mereka juga sudah mencobanya. Terkadang mereka bisa menurunkan berat badan secara signifikan, tapi kebiasaan mereka juga bisa membuat berat badan mereka bertambah dengan mudah. Jika Kamu merasa bahwa Kamu adalah critical eater, cobalah pertimbangkan untuk tidak terlalu membatasi kebiasaan makan Kamu.

5. Sensual Eater

Apakah Kamu suka mencoba makanan baru yang membuat Kamu makan berlebihan? Maka itu bisa berarti bahwa Kamu adalah sensual eater. Faktanya, Kamu mungkin hanya perlu makan satu hingga dua suapan saat mencoba makanan baru. Oleh karena itu, biasakan diri Kamu untuk makan dengan penuh kesadaran.

6. Energi Eater

Seseorang yang tergolong energi eater akan mengkonsumsi kalori sebanyak yang dibakar. Mereka juga memilih makanan yang lebih sehat tanpa mengkhawatirkan seberapa banyak mereka makan. Kebiasaan makan energi disarankan untuk mengontrol kebiasaan ini dengan melacak kalori harian.

Banyak dari kita mungkin tidak terlalu menyadarinya ketika datang ke makan karena itu hanya hal-hal yang perlu kita lakukan. Namun, kita harus tetap waspada terhadap kebiasaan makan kita dan mempertimbangkan apakah itu sudah cukup baik untuk menunjang kesehatan kita atau belum.

#Blog&Artikel