5 Promosi Ramah Budget yang Layak Dicoba Pelaku UMKM

03 March 2021

Promosi berperan penting dalam bisnis. Jika tidak ada yang tahu bisnis kita, lalu kepada kita akan menawarkannya? Walaupun tujuan utama kita adalah berjualan, hal pertama yang perlu dilakukan ialah menarik sebanyak mungkin perhatian dari banyak orang.

"Bicara sih mudah. Saya kan baru saja mulai usaha kecil-kecilan (karena pandemi berdampak pada pekerjaan saya sebelumnya). Saya perlu menjaga arus kas usaha saya donk supaya bisa terus membuka pre-order. Gak mungkin kan saya malah menghabiskan anggaran saya untuk promosi?"

Tapi tunggu dulu, kita kan sudah hidup di era digital. Promosi tidak hanya untuk bisnis besar, siapapun dapat mempromosikan produk/jasanya tanpa perlu banyak menghabiskan anggaran, termasuk pemilik usaha kecil. Berikut ini tips buat kamu yang layak untuk dicoba.

1. Tentukan value kamu

Supaya menarik perhatian, kamu harus tahu cara memperkenalkan bisnis kamu. Tentukan apa value misi kamu, serta memahami siapa pelanggan yang akan menjadi target kamu. Langkah ini mungkin tidak dapat dilakukan secara instan, maka luangkan waktu untuk mempertimbangkan secara matang.

2. Mulai visualisasikan brand kamu

Setelah menentukan value kamu sebagai sebuah brand, siapa target pelanggan kamu, dan keunggulan apa yang kamu berikan, maka kamu dapat melanjutkan promosi dengan membuat visual bisnis kamu.

3. Buat konten yang “kamu banget”

Di era digital ini, content marketing adalah segalanya karena bisa menghubungkan kamu dengan audien yang lebih besar. Dan untungnya, kamu tidak perlu menghabiskan jutaan rupiah untuk membuat konten. Yang harus kamu lakukan cukup dengan menunjukkan keahlian kamu melalui postingan-postingan di media sosial. Jadi, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu, konten apa yang tepat untuk bisnis kamu sebelum mempostingnya.

4. Menjalin kemitraan

Kebanyakan bisnis kecil belum memiliki network yang kuat. Apabila hanya mengandalkan pada diri sendiri tentu tidak akan cukup karena kemungkinan besar kamu akan menjangkau orang yang sama. Maka, carilah peluang kemitraan dengan UMKM yang mengenali potensi dan membantu kamu mendapatkan lebih banyak awareness.

5. Jadilah Superhero bagi pelanggan

Poin utama dari promosi tidak hanya sekadar menyampaikan value atau menunjukkan logo kamu. Promosi juga dapat dilakukan melalui respon kamu menanggapi masukan dan pertanyaan pelanggan. Karena apa yang dikatakan pelanggan sangat mempengaruhi reputasi kamu.

Kemajuan teknologi informasi memberikan peluang bagi semua pemilik UMKM untuk mempromosikan usahanya. Selama kita mengoptimalkan kreativitas dan mengutamakan pelanggan, membangun brand bukan lagi sekadar mimpi. Jadi, antara "I'm possible atau Impossible”, pilihan ada padamu (kami menyarankan untuk memilih I’m Possible)!

#Blog&Artikel